Mengatasi demam setelah Imunisasi

Pertanyaan :

Salam kenal dokter, saya seorang ibu yang baru saja melahirkan seorang bayi. Bayi saya saat ini berusia 1 bulan. Saya masih sangat awam mengenai imunisasi. Saya dengar, imunisasi dapat menimbulkan demam pada bayi. Apakah hal itu benar & bagaimana cara mengatasinya? Karena saya akan mulai melakukan serangkaian jadwal imunisasi untuk bayi saya. Terus terang saja saya merasa khawatir akan efek samping imunisasi. Terima kasih banyak sebelumnya.

Jawaban :

Salam kenal juga bunda, sebelumnya akan saya jelaskan lebih dahulu mengenai imunisasi. Imunisasi adalah proses memasukan virus dan bakteri yang telah dilemahkan ke dalam tubuh (bayi). Reaksi dari pemberian imunisasi tersebut, tubuh akan membentuk “pasukan” perlawanan yang dinamakan antibodi. Tanda proses tersebut sedang berlangsung adalah dengan naiknya temperature tubuh atau demam. Jadi, demam adalah reaksi normal dan tidak perlu khawatir berlebihan pasca pemberian imunisasi. Bahkan hal tersebut menjadi tanda bahwa vaksin bekerja dengan baik dalam tubuh.  Bunda pun tidak perlu khawatir, karena biasanya dokter akan memberikan obat penurun panas. Sebaiknya obat penurun panas tersebut diberikan saat bayi demam mencapai lebih 38 derajat celcius. Jika demam masih dibawa suhu tersebut, istirahat yang cukup dan berikan pelukan hangat bunda untuk meredakan kerewelan si kecil akibat demam pasca imunisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

WP Socializer Aakash Web