9 Imunisasi yang Dianjurkan Selain Imunisasi Wajib

Imunisasi ada dua   macam, yaitu imunisasi wajib dan imunisasi yang dianjurkan. Ada beberapa jenis imunisasi yang dianjurkan. Meskipun sifatnya dianjurkan, akan tetapi sebaiknya tetap diberikan. Berikut diantaranya:

  • Pneumococcus (Pneumococcal Conjugate Vaccine)

Untuk mencegah penyakit Invasive Pneumococcal Disease (IPD). Penyakit ini mempunyai komplikasi antara lain radang selaput otak, kecacatan hingga kematian. Vaksin PCV ini diberikan empat kali, namun, pada anak umur di atas 2 tahun, PCV cukup diberikan sekali.

  • Influenza

Imunisasi ini diberikan untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus Influenza. Diberikan pada umur di atas 6 bulan, setiap tahun. Vaksin ini diutamakan bagi anak yang memiliki riwayat alergi dan berdaya tahan rendah.

  • Varicella

Imunisasi ini diberikan untuk mencegah penyakit cacar air. Diberikan 1-2 kali setelah umur 12 bulan dan lebih baik diberikan saat di umur sebelum masuk SD.

  • MMR (Measles, Mumps, Rubella)

Untuk mencegah penyakit Campak, Gondongan, dan CampakJerman, diberikan 2 kali pada usia 12   di usia 9 bulan. Selanjutnya, MMR ulangan diberikan pada umur 5-7 tahun.

  • Tifoid

Imunisasi Tifoid diberikan untuk mencegah penyakit typhus, diberikan setiap tiga tahun sekali.

  • Hepatitis A

Vaksin ini diberikan dua kali untuk mencegah penyakit Hepatitis A.

  • HPV (Human Papilloma Virus)

Imunisas iini sangat penting karena berguna untuk mencegah penyakit kanker serviks (leherrahim) yang mengancam kaum wanita. Diberikan tiga kali pada anak perempuan di atas 10 tahun.

  • HiB

Untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh kuman Haemophillus Influenzae type-B yang memiliki komplikasi radang selaput otak. Vaksin HiB diberikan empat kali, biasanya bersamaan dengan pemberian vaksin DPT.

  • Rotavirus

Rotavirus merupakan imunisasi terbaru untukmencegah diare yang disebabkan oleh rotavirus. Di Australia, pemberian vaksin rotavirus merupakan imunisasi wajib. Vaksin ini diberikan tiga kali saat bayi dengan pemberian oral drop.

http://www.klipingku.com/2011/06/9-imunisasi-yang-dianjurkan-selain-imunisasi-wajib/

 

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>