Haruskah Masih Percaya Mitos Tentang Bayi Anda??

Anak adalah hal yang dinanti-nanti bagi setiap pasangan.Kelahirannya merupakan hal yang paling membahagiakan sekaligus juga ada perasaan bingung didalamnya,mengapa demikian?Hal tersebut karena bagi para orang tua muda akan merasakan kebingungan dalam memberikan perlakuan/perwatan kepada anak,seperti yang kita ketahui masih banyak mitos yang beredar mengenai hal itu.Untuk itu mari kita simak Mitos-mitos berikut ini:

  1. Bayi harus pakai gurita supaya perutnya bagus

Mitos tersebut tidak benar karena bayi itu saat bernafas selain menggunakan otot2 dada, juga masih menggunakan otot perut,kalau pakai gurita, perut akan tertekan, bayi menjadi tidak nyaman saat bernapas.

  1. Bayi harus dibedong,supaya tungkainya tidak bengkok

Saat bayi baru lahir, posisi tungkai bayi memang menekuk pada sendi lutut, tidak lurus. Sebenarnya itu posisi yg normal untuk bayi. Seiring bertambahnya usia dan perkembangan, maka tungkai akan menjadi lurus. Kalau tujuan bedong ingin membuat bayi hangat, boleh saja selama bayi merasa nyaman. Untuk menghangatkan bayi, bisa juga memakai selimut dan baju hangat. Jika bayi di pakaikan bedong maka tidak bisa bergerak bebas .

  1. Anak tidak boleh diberi makan santan

Anak yang dimaksud adalah pada usia 1 tahun ke atas . Saat usia 1 tahun, saluran cerna anak sudah bisa menyerap makanan seperti makanan keluarga, termasuk santan. Santan ini mengandung lemak, kalorinya lebih tinggi dibanding protein dan karbohidrat. Makanan dengan gizi seimbang tentu saja harus mengandung lemak juga. Jadi boleh sekali anak makan nasi uduk, sayur lodeh, opor ayam dan makanan bersantan lainnya.

  1. Anak kejang itu karena gangguan mahluk halus,benarkah?

Kejang pada anak dapat disebabkan oleh kejang demam dan bisa juga karena ada penyakit di otak seperti radang selaput otak, radang otak, tumor otak, atau epilepsi.Jadi jika anak mengalami kejang ada baiknya membawanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  1. Agar anak tidak mengompol, pusar harus digigit capung

 

Sampai saat ini belum ada penelitian tentang ini,untuk itu ada baiknya hal ini tidak di percaya.Latihlah anak anda untuk menggunakan toilet jika ingin buang air dan jika masih selalu mengompol maka konsultasikan kepada konsultan anak.

  1. Air Dingin Membuat Bayi Kuat

Anggapan memandikan bayi dengan air dingin dapat membuat bayi kuat sangat tidak benar. Bayi justru rentan terhadap suhu dingin. Air dingin dapat membuat pembakaran dan metabolisme tubuh bayi meningkat, sehingga makanan dalam tubuh bisa habis untuk mengatur suhu tubuh. Bayi bisa kehabisan tenaga dan akhirnya mudah sakit. Bayi harus dimandikan dengan air hangat. Angkat sebelum bayi kedinginan dan usahakan anak dalam keadaan hangat.

  1. Jika beberapa saat (misalnya saat ibu bekerja) bayi tidak menyusu , maka saat akan menyusui ASI harus dibuang dahulu karena basi.

ASI itu tidak mengenal istilah basi. Jadi kalau ASI mengalir deras sementara ibu sedang bekerja, jangan dibuang ya, Perah saja dan simpanlah ASI di botol/plastik khusus menyimpan ASI dan taruh di kulkas/freezer. (SLV)

Sumber :

http://www.anaksehat.org/artikel-kesehatan-anak/artikel-kesehatan-anak-2.html

http://bidanku.com/mitos-mitos-seputar-bayi#ixzz3D4VN6q8e

 mitos bayi

By

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>