Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

sumber: www.pinterest.com
sumber: www.pinterest.com

Ungkapan ‘Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati’ mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam artikel ini, konteks tersebut dimaksudkan dengan lebih baik mencegah penyakit dengan imunisasi daripada harus mengalami penyakit tersebut terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui bahwa imunisasi merupakan pemberian vaksin kepada seseorang sebagai bentuk tindakan pencegahan terhadap penyakit tertentu. Vaksin membantu tubuh untuk menghasilkan antibodi. Antibodi ini berfungsi melindungi terhadap penyakit. Vaksin tidak hanya menjaga agar anak tetap sehat, tetapi juga membantu membasmi penyakit yang serius yang timbul pada masa kanak-kanak. Dengan melakukan imunisasi juga kita membuat pencegahan menularnya penyakit kepada masyarakat di lingkungan sekitar kita.

Imunisasi diperlukan sebagai upaya pencegahan primer memberikan sumbangan yang besar terhadap keberhasilan penurunan angka kesakitan dan kematian anak balita. Beberapa pertimbangan pemberian imunisasi untuk anak adalah:

  1. Kerentanan bayi/anak terhadap suatu penyakit
  2. Kekebalan pada diri bayi/anak tersebut
  3. Kontraindikasi
  4. Pertimbangan komplikasi
  5. Beban biaya, jika anak sudah terkena penyakit maka biaya yang dikeluarkan tentunya lebih besar daripada biaya untuk imunisasi)
  6. Manfaat dan keamanan vaksin

Imunisasi yang dilakukan sesuai jadwal akan mendapatkan hasil yang optimal dan mendapatkan respon imun yang teratur dengan mempertimbangkan antibodi maternal, epidemiologi dll. Saat ini vaksin yang tersedia di Indonesia yaitu:

  1. BCG untuk tuberculosis
  2. Hepatitis B
  3. Hepatitis A
  4. DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus)
  5. Polio
  6. Campak
  7. Rubella
  8. HIB ( Haemophilus Influenza B)
  9. Influenza
  10. Pneumokokus
  11. Human Papilloma Virus
  12. Rotavirus

Jadi, ayo sayangi anak dengan berikan imunisasi sesuai jadwal karena jika anak sehat maka baik anak tersebut maupun orang tua akan bahagia. (RE)

Sumber:
• www.mitrakeluarga.com
• www.spesialis.info

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *