Tindakan Yang Harus Dilakukan Ibu Bila Imunisasi DPT Tidak Sesuai Jadwalnya

Yang harus dilakukan ibu bila imunisasi DPT tidak sesuai jadwalnya termasuk perbincangan menarik di kalangan para ibu. Meski imunisasi dasar bagi bayi sebanyak 5 jenis imunisasi, tapi semuanya dilakukan menurut jadwal yang ditentukan oleh para pakar kesehatan. Tentu saja para ibu harus mengetahui secara lengkap jadwalnya. Jika dilakukan tidak sesuai jadwal, hendaknya melakukan konsultasi dengan bidan ataupun ahli kesehatan lainnya di tempat pemberian imunisasi.

Jadwal Imunisasi Pada Bayi

Imunisasi dasar yang biasanya disarankan oleh para pakar kesehatan diantaranya yaitu DPT, BCG, Hepatitis B, Polio dan campak. Masingmasing memiliki jadwal yang berdasar aturan yang telah ditetapkan oleh para pakar kesehatan tersebut. Adapun jadwal imunisasi yang harus diberikan pada bayi sebaiknya diketahui oleh orang tuanya. Ketika para orang tua terutama ibu mengetahui jadwal imunisasi dasar untuk bayinya, maka mereka juga akan mengetahui tindakan yang harus dilakukan ibu bila imunisasi dasar tersebut tidak sesuai jadwalnya.

Adanya jadwal imunisasi pada bayi ini menurut para pakar kesehatan berfungsi untuk mendapatkan kekebalan tambahan bagi tubuhnya secara tepat. Kekebalan tubuh pada bayi sudah dimilikinya sejak lahir dengan adanya pemberian ASI dari Ibu. Kandungan zat di dalam ASI sudah memenuhi kebutuhan bayi dalam proses pertumbuhan dan perkembangannya. Seorang ibu juga harus menjaga asupan gizinya karena memberikan pengaruh pada ASI untuk bayinya. Jadwal imunisasi pada bayi juga menjadi hal penting untuk diketahui dan dipahami untuk selanjutnya disesuaikan dengan informasi lain dan kondisi bayinya. Hendaknya konsultasi rutin pun juga harus tetap dilakukan sebaikbaiknya.

Berikut ini jadwal pemberian imunisasi dasar pada bayi, diantaranya sebagai berikut:

  1. Imunisasi BCG (Bacillus CalmetteGuerin). Imunisasi BCG diberikan 1 kali dan waktu pemberian biasanya setelah bayi lahir. Adapula mulai bayi usia 1 bulan.
  2. Imunisasi Hepatitis B uniject. Imunisasi Hepatitis B diberikan 1 kali dan waktu pemberian biasanya sejak bayi lahir sampai kurang dari 7 hari.
  3. Imunisasi DPTHB. Imunisasi DPTHB diberikan 3 kali, diantaranya ialah imunisasi DPTHB1 diberikan ketika bayi usia 2 bulan. Pemberian imunisasi selanjutnya berselang 4 minggu termasuk di dalamnya imunisasi DPTHB2 dan imunisasi DPTHB3.
  4. Imunisasi Polio. Imunisasi Polio diberikan 4 kali dan pada bayi usia 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan serta 4 bulan.
  5. Imunisasi Campak. Imunisasi campak diberikan 1 kali dan pada bayi usia 9 bulan.

Cara Pemberian Imunisasi Pada Bayi

Adapun cara pemberian imunisasi pada bayi biasanya dengan cara disuntikkan atau dengan meneteskan vaksin ke dalam tubuh bayi. Vaksin tersebut sejenis kuman atau bakteri yang telah di lemahkan dengan teknik tertentu kemudian dimasukkan ke dalam tubuh bayi agar tubuh bayi dapat meningkatkan kekebalan tubuhnya dengan antibodi yang dipicu oleh vaksin.Hendaknya para orang tua memberikan imunisasi pada bayinya ke tempat yang menyediakan vaksin seperti di Puskesmas, Rumah Sakit Bersalin, Posyandu, Bidan dan atau tempat lainnya yang sudah mendapatkan ijin untuk memberikan imunisasi.

Kadang ada sebagian ibu yang tidak sesuai jadwal pemberian imunisasinya sehingga harus segera konsultasi ke ahli medis untuk mendapatkan jadwal baru. Tidak jarang jika timbul efek samping setelah diberikan imunisasi yang jadwalnya tidak sesuai tersebut. Berikut ini tindakan yang harus dilakukan ibu bila imunisasi DPT tidak sesuai jadwalnya sekaligus jenis imunisasi lainnya:

  1. Imunisasi BCG, biasanya luka tidak diobati tapi dibersihkan atau dikompres dengan air hangat jika timbul nanah. Namun, jika luka besar dan bengkak di ketiak maka dianjurkan ke ahli kesehatan bayi.
  2. Imunisasi DPT, jika panas atau rewel maka dapat diberikan obat penurun panas dan kompres dingin, begitupula imunisasi campak.

Sumber: http://artikelkesehatananak.com/tindakanyangharusdilakukanibubilaimunisasidpttidaksesuaijadwalnya.html

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *