Mengenal Herd Immunity Dalam Imunisasi

Salah satu fungsi utama vaksin atau vaksinasi adalah untuk menciptakan herd immunity di suatu populasi. Melalui herd immunity, vaksin dapat mencegah terjadinya wabah dan mengurangi kematian. Kemampuan ini juga membuat cakupan vaksin tidak harus 100% untuk dapat memusnahkan suatu penyakit dari muka bumi – karena mustahil mengimunisasi semua manusia di dunia.

Herd immunity adalah suatu keadaan ketika sejumlah orang tertentu di dalam suatu kelompok atau wilayah sudah diimunisasi, sehingga mayoritas orang di wilayah tersebut terlindungi dari penyakit menular dan memiliki risiko rendah untuk menularkan ke orang lainnya. Termasuk menularkannya ke orang-orang yang tidak bisa diimunisasi karena alasan tertentu. Dengan kata lain, herd immunity adalah suatu bentuk kekebalan yang tercipta, ketika vaksinasi pada sebagian besar populasi bisa memberikan perlindungan bagi setiap individu yang tidak memiliki kekebalan terhadap suatu penyakit.

Prinsip dari herd immunity adalah ketika cukup anak mendapatkan perlindungan vaksin, maka mereka akan membantu untuk melindungi sebagian anak yang rentan, dengan mengurangi penyebaran penyakit, sehingga mereka yang tidak mendapatkan vaksin dapat terlindungi. Herd immunity sangat efektif dalam menekan penyebaran penyakit menular di dalam sebuah komunitas, misalnya bayi yang masih terlalu kecil untuk mendapatkan vaksin, orang-orang yang memiliki masalah dengan daya tahan tubuhnya, atau orang-orang yang sedang sakit berat sehingga tidak dapat diberikan vaksin.

Sekretaris Umum Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Piprim B Yanuarso Sp. A(K), menyatakan bahwa kekebalan komunitas terjadi jika cakupan imunisasi > 80%. Sementara itu, bila cakupan imunisasi < 60% maka peluang terjadinya kejadian luar biasa (KLB) munculnya PD3I menjadi besar.

Ilustrasi prinsip kerja herd immunity:

Sumber: Arifianto. 2014. Pro Kontra Imunisasi Agar Tak salah Memilih Demi Kesehatan Buah Hati. Jakarta: PT Mizan Publika, http://www.depkes.go.id/, dan https://hellosehat.com/

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *