Tips Agar Anak Mau Divaksin

       tips anak mau vaksin low resSahabat imun, wabahnya virus difteri tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. Cara melindungi anak Anda terhadap paparan penyakit tersebut adalah dengan memberikan vaksin difteri. Namun, bagaimana bila anak tidak mau disuntik? Tentunya sebagai orang tua yang bijak, Anda harus memiliki cara yang jitu agar anak bersedia untuk divaksin.

Dilansir dari Parents, tips tersebut adalah:

Bicara Jujur

Jika anak anda bertanya apakah Ia akan disuntik, jangan membohonginya. Berikan jawaban yang sebenarnya. Jangan menyangkalnya dengan berkata bahwa disuntik itu tidak sakit, tapi jawablah dengan sejujurnya dan bilang “Iya, disuntik itu sakit, tapi cuma sebentar.” Saran Margaret Fisher, M.D., salah satu anggota Section of Infectious Diseases untuk American Academy of Pediatrics.

Beri Pengertian

Sebelum mengajak anak pergi divaksin, orang tua harus memberikan briefieng kepada anak Hal ini bertujuan agar anak tidak kaget dan anak memiliki kesiapan mental. Anak yang memiliki kesiapan mental biasanya relatif lebih tenang saat disuntik, sehingga tidak akan menimbulkan tangisan histeris atau sejenisnya.

Alihkan Perhatian

Saat sudah tiba di klinik, dampingi terus si kecil. Ajak Ia mengobrol, bercerita, atau bahkan berikan Ia kisah-kisah lucu agar mengurangi kecemasannya. Hal ini bertujuan untuk mengalihkan perhatian si kecil sehingga tidak terlalu histeris saat akan disuntik.

Tunjukan Wajah Ceria

Hal yang terpenting adalah menunjukan wajah ceria kepada si kecil, karena anak akan sangat sensitif terhadap bahasa tubuh orang tuanya. Tunjukanlah wajah tenang, agar si kecil merasakan ketenangan tersebut.

Berikan Hadiah

Agar anak mau untuk divaksin, iming-imingi hadiah yang akan Anda berikan jika si kecil berhasil untuk mau divaksin. Hadiah akan memberi anak semangat sekaligus menjadi penghargaan atas keberanian mereka. (SF)

Sumber : Parents

Please Post Your Comments & Reviews

Your email address will not be published. Required fields are marked *